0
Patung Teuku Umar Berdiri di Kawasan Terluar Indonesia
Prajurit marinir dan prajurit raider berada di pos pengamanan pantai Pulau Rondo saat menyambut kedatangan kapal TNI mengangkut logistik menjelang kunjungan Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko di Pulao Rondo, Aceh, pulau terluar ujung barat wilayah Indonesia, Selasa (19/5).

Jakarta, Update Berita | Patung pahlawan nasional asal Aceh, Teuku Umar, selesai dibangun di Pulau Rondo, Nanggroe Aceh Darussalam. Panglima TNI Jenderal Moeldoko meresmikan patung tersebut, Kamis (21/5).

Moeldoko memaparkan, patung Teuku Umar tersebut dibangun sebagai pengingat bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia bahwa kedaulatan negara harus tetap ditegakkan, terutama di pulau-pulau terdepan Indonesia.

“Keberadaan patung ini akan memberi peringatan, siapapun tak boleh mengganggu wilayah Indonesia. Sejarah perjuangan Teuku Umar diharapkan mampu mengingatkan prajurit TNI dan masyarakat tentang perjuangan yang berdarah-darah pada masa penjajahan dulu”, ujar Moeldoko seperti tertulis dalam siaran pers yang Update Berita terima.

Moeldoko berkata, Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dipertahankan dengan segala kemampuan. Selain sebagai pengingat, ia menuturkan, patung Teuku Umar itu juga didirikan untuk menjaga kewaspadaan.

Lebih dari itu, Moeldoko berharap pembangunan patung pahlawan nasional tidak hanya didirikan di Pulau Rondo. “Saya berharap ada penempatan lagi, setidaknya di 10 pulau terluar”, katanya.

Menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pulau Rondo yang terletak di ujung barat Pulau Weh memiliki lokasi yang strategis karena merupakan jalur pelayaran internasional. Pulau ini termasuk dalam daftar 12 pulau terluar prioritas. (nly)

Poskan Komentar Blogger

 
Top