.
Home » , » RUU Ormas Akhirnya Disahkan DPR

RUU Ormas Akhirnya Disahkan DPR

Written By Berita terkini on Selasa, 02 Juli 2013 | 17.11

Rancangan Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan (RUU Ormas) secara resmi disahkan melalui voting dalam sidang paripurna DPR, Selasa 2 Juli 2013. Sebelum disahkan, rapat paripurna diwarnai perdebatan antar anggota dewan yang menolak dan menyetujui pengesahan RUU tersebut.

Walaupun sebagian besar fraksi menyetujui agar RUU ormas disahkan hari ini, pimpinan sidang Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan memilih untuk melakukan pemungutan suara atau voting. Mekanisme pengambilan keputusan dalam voting adalah dengan menghitung suara per fraksi.

Sidang RUU Ormas

Beberapa fraksi yang menyetujui agar RUU disahkan adalah Demokrat (107 anggota), Golkar (75 orang), PDIP (62 orang), PKS (35 orang), PPP (22 orang), PKB (10 orang). Dengan demikian, anggota DPR yang menyetujui pengesahan RUU Ormas menjadi UU sebanyak 311 orang dari total anggota yang hadir di paripurna 361 orang.

Sedangkan fraksi yang menyatakan menolak pengesahan RUU Ormas adalah PAN (26 orang), Gerindra (18 orang), dan Hanura (6 orang), sehingga total anggota DPR yang menolak hanya 56 orang.

Dengan perhitungan suara itu, maka RUU Ormas resmi disahkan menjadi Undang Undang.

Sebelum proses pengesahan UU ini, anggota Fraksi Gerindra Martin Hutabarat sempat menginterupsi untuk meminta pengesahan UU Ormas ditunda. Ia berpendapat UU itu seharusnya disosialisasikan lebih luas kepada masyarakat sebelum disahkan. Sementara anggota Fraksi PAN Ahmad Rubai mengatakan, RUU Ormas belum perlu disahkan karena masih banyak ormas yang menolak.

Di sisi lain, fraksi yang mendukung pengesahan RUU berpendapat RUU Ormas amat penting. “Pasal-pasal ini tidak menghambat kebebasan berserikat. UU ini mengakhiri UU sebelumnya yang dikeluarkan tahun 1985,” kata anggota Fraksi PKS Nur Yasin.
Share this article :

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan, Mohon tidak mencantuman link aktif di dalam komentar. Sudah disediakan fasilitas Nama/URL , gunakan dengan bijak.

 
Copyright © 2013. Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Modified by Berita Terbaru