.
Home » , » MK Batalkan Kemenangan Alex Nurdin-Ishak Mekki di Pilgub Sumatera Selatan

MK Batalkan Kemenangan Alex Nurdin-Ishak Mekki di Pilgub Sumatera Selatan

Written By Berita terkini on Jumat, 12 Juli 2013 | 21.36

Kemenangan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur 2013-2018 di Pilgub Sumsel dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi. MK mengabulkan gugatan tiga pasangan gubernur dan wakil gubernur lainnya karena menganggap sarat dengan kecurangan.

herman deru

Seperti diketahui sebelumnya Pasangan Alex Nurdin - Ishak Mekki berhasil menang dalam pilgub sumsel versi KPU dan pilgub sumsel versi lembaga survei. Alex Noerdin menang tipis dari pasangan terdekatnya Herman Deru-Maphilinda Boer dengan selisih sekitar 1 % saja.

MK telah menilai pasangan Ale Noerdin-Ishak Mekki berhasil mendulang suara terbanyak dalam Pilgub Sumsel 2013, dengan memanfaatkan APBD Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2013 bertanggal 21 Januari 2013 dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 1.492.704.039.000, secara terstruktur, sistematis, dan masif.  

Mahkamah Konstitusi memberikan waktu maksimal 90 hari kepada KPU Sumatera Selatan untuk melakukan pemungutan suara ulang di dua kabupaten, dua kota, dan satu kecamatan, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

MK membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan Nomor 33/Kpts/KPU.Prov-006/VI/2013 tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2013, bertanggal 13 Juni 2013, beserta Berita Acara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Di Tingkat Provinsi Oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan bertanggal 13 Juni 2013.

Dengan putusan MK mengenai pembatalan kemenangan Alex Nurdin ini, pesaing Alex, Herman Deru-Maphilinda optimis dapat memenangkan pilgub sumsel untuk menduduki jabatan Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan periode 2013-2018. Menurut Kandidat nomor urut tiga Herman Deru, kecurangan dalam pilkada ini merupakan fakta yang tidak terbantahkan. Semoga ini menjadi pelajaran politik semua pihak. Pada pilkada ulang nanti, Herman yakin akan memenangkan pilkada jika dilakukan dengan fair. Dirinya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan berpartisipasi serta mengawasi seluruh proses pilkada. Sehingga, pilkada berlangsung fair dan aman.

 

Share this article :

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan, Mohon tidak mencantuman link aktif di dalam komentar. Sudah disediakan fasilitas Nama/URL , gunakan dengan bijak.

 
Copyright © 2013. Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Modified by Berita Terbaru