.
Home » , , » Jokowi Bantah Anggaran Blusukan Mencapai 26 Milliar

Jokowi Bantah Anggaran Blusukan Mencapai 26 Milliar

Written By Berita terkini on Senin, 22 Juli 2013 | 22.08

jokowi foke
FITRA (Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran) menemukakan angggaran dana blusukan Jokowi. Menurut FITRA, dana itu tercantum dalam anggaran belanja penunjang operasional tahun 2013 sebesar Rp 26.670.450.000.

Uchok Sky Khadafi, Direktur Investigasi dan Advokasi  mengatakan, anggaran blusukan tersebut  dalam peraturan gubernur disebut belanja penunjang operasional kepala daerah dan wakil kepala daerah. Namun, kata dia, publik menamakan alokasi dana tersebut ke dalam anggaran blusukan.
"Anggaran blusukan Jokowi atau belanja penunjang operasional tahun 2013 sebesar Rp.26.670.450.000 pertahun. Hal ini bisa dilihat dari lampiran III Peraturan Gubernur No.10 tahun 2013 tertanggal 25 Februari 2013, halaman 50," jelas Uchok.
Uchok menjelaskan, anggaran blusukan Jokowi setiap bulan sebesar Rp 2,2 milyar. "Kalau perhari berarti sebesar Rp.74 juta, dan kalau dibagi dua antara Ahok dengan Jokowi, berarti masing-masing untuk satu orang sebesar Rp.37 juta peroarang," terang dia.

Sebaliknya Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo membantah dalam blusukannya dia tidak menghabiskan uang rakyat, karena dia sering melakukannya dengan berjalan kaki.
"Blusukan ga ada anggarannya, blusukan modalnya hanya jalan kaki aja, sudah. Masak pakai modal. Blusukan itu kan cuma jalan kaki. Ini fungsi dari management control," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan alokasi anggaran Rp 26,6 miliar yang disebut Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) adalah dana operasional. Misalnya, dana untuk koordinasi keamanan, ketertiban sosial dan operasional khusus.
"Contohnya, misalnya ada kebakaran, tapi saya ga pernah pegang dana itu. Dan kalau memang dipakai, itu juga tidak habis, paling separuh juga tidak," ujar Jokowi .
Menurut FITRA dana tersebut lebih mahal dibandingkan dengan dana blusukan FOKE. Foke menghabiskan dana per tahunnya Rp 17,6 miliar. Sehingga selisih anggaran blusukan keduanya mencapai 9 miliar.

Menurutnya anggaran tersebut berasal dari APBD 2012. Biaya tersebut masuk dalam Belanja Penunjang Operasional..
Share this article :

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan, Mohon tidak mencantuman link aktif di dalam komentar. Sudah disediakan fasilitas Nama/URL , gunakan dengan bijak.

 
Copyright © 2013. Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Modified by Berita Terbaru